Jumat, 18 Desember 2009

Aneka Ragam Tulisan

Aneka Ragam Tulisan

a.) Narasi

- contoh narasi yang berjudul “ Bermain Boneka ”

Luna dan Maya sedang bermain boneka di depan rumahnya. Luna mendandani bonekanya dengan lipstik. Maya lebih senang mendandani bonekanya dengan mengepang rambut boneka tersebut. Mereka bermain dengan asyik.

Sementara Luna dan Maya bermain boneka, Indah, adik Luna, asyik makan kue. Kue tersebut dibawanya dari rumah. Tiba-tiba beberapa ekor ayam menghampiri Indah. Ayam-ayam tersebut merebut makanan Indah sehingga Indah menangis. Oleh karena terlalu asyik, mereka tidak menyadari bila ada gangguan yang datang.

Luna dan Maya segera menolong Indah. Sementara Luna menenangkan Indah, Maya mengusir ayam-ayam tersebut. Pertolongan tersebut tidak banyak membantu karena Indah tetap menangis. Luna dan Maya berhenti bermain boneka dan mengantar Indah pulang.

- contoh lainnya adalah :

Hafiz terkejut mendengar suara kemenakannya itu. Dengan segera ditariknya tali timba pengangkat tanah, tempat Abdullah bergantung ketika itu tampaklah oleh Hafiz mata air berbusa-busa naik ke atas dengan cepat, besar, dan jernih.

b.) Deskripsi

- mendeskripsikan tentang gajah

Gajah adalah binatang yang berkulit abu-abu kehitaman. Badan gajah besar dan ditumbuhi bulu. Gajah mempunyai empat kaki yang besar dan kuat. Dua kaki di depan, dua kaki di belakang. Di ujung kaki terdapat jari-jari yang berkuku. Bentuk hidung gajah panjang dan disebut belalai. Kadang- kadang belalai gajah digunakan untuk memasukkan makanan ke mulutnya. Telinga gajah lebar seperti kipas dan selalu bergerak-gerak. Gajah memiliki ekor yang kecil dan panjang serta ditumbuhi rambut di ujungnya.

- mendeskripsikan tentang sepeda motor

Benda ini adalah kendaraan beroda dua yang dijalankan dengan motor. Bentuknya seperti sepeda, mempunyai setang, tempat duduk, dan roda. Di antara setang kiri dan kanan terdapat sebuah lampu. Di belakang lampu terdapat tangki bensin dan tempat duduk. Tempat duduk tersebut terbuat dari busa yang berbungkus kulit tiruan. Mesin sepeda motor berada di bawah tangki bensin.

- mendeskripsikan tentang suasana malam hari

Malam itu indah sekali. Bintang-bintang di langit berkelip-kelip memancarkan cahaya. Udara dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik mengusik sepinya malam.

c.) Eksposisi

Contoh :

Membaca intensif merupakan kegiatan membaca secara telitiatau membaca secara seksama bacaan berupa teks. Tujuan membaca dengan cara ini untuk mendapatkan pemahaman isi bacaan secara tepat dan rinci.

d.) Argumentasi

Contoh :

Air yang tergenang seperti di kaleng-kaleng bekas dan yang berada di selokan harus dibersihkan. Air yang tergenang itu tidak boleh dibiarkan karena akan menjadi sarang nyamuk. Nyamuk akan bertelur dan berkembangbiak digenangan air tersebut.

* Sebagai tambahan ada juga jenis karangan lainnya yaitu :

Jenis karangan persuasi adalah jenis karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi emosi pembaca agar berbuat sesuatu.

Contohnya :

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak akan lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar