Kamis, 24 Desember 2009

KETERAMPILAN BERBAHASA

A. HAKIKAT KETERAMPILAN BERBAHASA

Bahasa adalah alat komunikasi antaranggota masyarakat berupa lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi antaranggota masyarakat terbagi atas dua unsur utama yakni bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Fungsi bahasa, yaitu sebagai (1) fungsi informasi, (2) fungsi ekspresi diri, (3) fungsi adaptasi, (4) fungsi kontrol sosial.

* Komunikasi 1 Arah

Pengirim aktif memilih pesan -> disampaikan dalam bentuk lambang / sandi -> pesan yang tersampaikan berupa lambang (bunyi / tulisan). Pesan diterima berupa lambang (bunyi / tulisan) -> lambang / sandi yang di terima mengalami proses penafsiran -> sehingga keluar makna pesan yang sama dengan makna pesan yag dikirim. Kedua pihak harus memiliki keterampilan yang sama yaitu pengirim harus pandai memilih lambang-lambang (bunyi / tulisan) guna penyampaian pesan sehingga mudah di terima sedangkan penerima harus terampil dalam menafsirkan lambang-lambang (bunyi / tulisan) sehingga di dapati makna yang tepat.

* Penyampaian pesan berupa bunyi-bunyi bahasa yang di ucapkan :

Pengirim mengubah pesan menjadi bentuk-bentuk bahasa berupa bunyi-bunyi yang diucapkan ( (bahasa lisan) untuk selanjutnya di sampaikan kepada penerima dan dikenal dengan istilah berbicara ( Proses Encoding).

Proses pengubahan bentuk-bentuk bahasa berupa bunyi-bunyi lisan kembali menjadi pesan yang biasa kita kenal dengan istilah menyimak ( Proses Decoding).

* Penyampaian pesan berupa tulisan :

Pengirim mengubah pesan menjadi bentuk-bentuk bahasa tulisan, kemudian di kirim kepada penerima yang biasa di kenal dengan menulis( Proses Encoding).

Proses penafsiran / memaknai bentuk-bentuk bahasa tertulis tsb. Sehingga pesan dapat di terima secara utuh yang biasa kenal dengan membaca (Proses Decoding).

B. ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN BERBAHASA

* Empat aspek keterampilan berbahasa yaitu, antara lain :

- menyimak,

- membaca,

- berbicara,

- menulis

* Aspek Keterampilan Berbahasa bersifat Reseptif ( menerima ) :
a. Mendengarkan / Menyimak
b. Membaca

* Aspek Keterampilan Berbahasa bersifat Produktif ( menghasilkan ) :
a. Berbicara
b. Menulis

1. MENYIMAK :
Menyimak adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan saat kita menerima pesan dan melibatkan serangkaian proses mental. Saat menyimak kita tidak hanya menerima pesan itu melalui telinga tetapi sekaligus melibatkan akitivitas persepsi, atensi, evaluasi interpretasi dan respon.

Dalam ilmu komunikasi, mendengarkan/menyimak merupakan salah satu dari 4 kecakapan/keterampilan berkomunikasi, selain berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan berkomunikasi ini memainkan peran yang penting dalam mencapai sukses. Karena keterampilan menyimak bukan saja hanya membuat seseorang bisa memperhatikan apa yang dinyatakan oleh lawan komunikasinya tetapi juga mempengaruhi kemampuan kita berbicara secara persuasif. Ringkasnya, pendengar yang baik itu adalah juga pembicara yang baik. Keterampilan memahami bahasa lisan yang bersifat reseptif.
Jenis situasi dalam mendengarkan :
1. Situasi Mendengarkan secara Interaktif :
- Terjadi dalam percakapan tatap muka, di telepon / sejenisnya. Secara bergantian subjek ( 2 orang / lebih ) melakukan aktivitas mendengarkan dan berbicara. Sehingga kita memiliki kesempatan bertanya guna mendapatkan penjelasan, meminta lawan bicara mengulang apa yang telah diucapkannya / meminta lebih pelan dalam berbicara.

2. Situasi mendengarkan secara Non-Interaktif :
- Kita tidak dapat meminta penjelasan dari pembicara, tidak bisa meminta pembicara mengulangi apa yang diucapkan dan kita juga tidak dapat meminta pembicaraan di perlambat.
Contoh : mendengarkan radio, mendengarkan acara-acara seremonial, nonton TV, mendengarkan Kotbah, dan nonton Film

2. BERBICARA :

Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Keterampilan berbahasa lisan / berbicara yang bersifat produktif.

Jenis situasi dalam berbicara :

a. Situasi berbicara secara interaktif

Misalnya adalah percakapan secara tatap muka dan berbicara lewat telepon yang memungkinkan adanya aktivitas pergantian antara berbicara dan mendengarkan. Kita dapat meminta klarifikasi, pengulangan / kita dapat meminta lawan bicara memperlambat tempo bicara.


b. Situasi berbicara secara Semi-Interaktif

Misalnya adalah situasi berpidato dihadapan umum secara langsung. Audiens memang tidak dapat melakukan iterupsi terhadap pembicara,namun pembicara dapat melihat reaksi pendengar dari ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka.


c. Situasi berbicara dapat dikatakan betul-betul bersifat Non-Interaktif
Misalnya adalah berpidato lewat radio / TV

3. MEMBACA

Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor.

4. MENULIS

Menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa. Menurut Rusyana (1988:191) menulis merupakan kemampuan menggunakan pola-pola bahasa secara tertulis untuk mengungkapkan suatu gagasan atau pesan. Menulis atau mengarang adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat dipahami pembaca (Tarigan, 1986:21). Kedua pendapat tersebut sama-sama mengacu kepada menulis sebagai proses melambangkan bunyi-bunyi ujaran berdasarkan aturan-aturan tertentu. Artinya, segala ide, pikiran, dan gagasan yang ada pada penulis disampaikan dengan cara menggunakan lambang-lambang bahasa yang terpola. Melalui lambang-lambang tersebutlah pembaca dapat memahami apa yang dikomunikasikan penulis. Sebagai bagian dari kegiatan berbahasa, menulis berkaitan erat dengan aktivitas berpikir. Keduanya saling melengkapi.

C. KETERKAITAN ANTARASPEK KETERAMPILAN BERBAHASA

Setiap keterampilan berbahasa mempunyai hubungan erat antara keterampilan berbahasa satu dengan yamg lain. Keempat keterampilan merupakan satu kesatuan sehingga dinamakan caturtunggal.

  1. MENYIMAK DAN BERBICARA

Menyimak dan berbicara merupakan kegiatan komunikasin dua arah yang langsung (face to face communication). Menyimak dan berbicara mempunyai perbedaan yaitu menyimak bersifat reseptif, apresiatif, dan fungsional sedangkan berbicara bersifat produktif dan ekspresif. Antara berbicara dan menyimak terdapat hubungan erat yaitu :

  1. Ujaran dipelajari melalui menyimak dan meniru.
  2. Kata-kata yang akan dipakai serta dipelajari anak biasanya ditentukan oleh stimulan dan kata-kata yang banyak memberi bantuan dalam penyampaian gagasan.
  3. Ujaran anak mencerminkan pemakaian bahasa di rumah dan masyarakat.
  4. Anak yang lebih kecil dapat memahami kalimat yang panjang dan rumit.
  5. Meningkatkan keterampilan menyimak berarti membantu meningkatkan kualitas berbicara seseorang.
  6. Bunyi suara merupakan faktor penting dalam peningkatan cara pemakaian kata-kata anak.
  7. Berbicara dengan alat peraga akan menghasilkan penangkapan informasi lebih baik daripada penyimak.

  1. MEMBACA DAN MENULIS

Menulis adalah kegiatan berbahasa bersifat produktif sedangkan membaca merupakan kegiatan berbahasa yang reseptif. Menulis berguna untuk menyampaikan gagasan dan bila membaca berguna untuk memahami suatu gagasan.

Dalam menulis, seseorang harus melalui tahap perencanaan, penulisan, dan revisi. Di dalam tahap perencanaan dibutuhkan membaca yang intensif dan ekstensif guna mencari informasi. Jadi, tampak jelas bahwa kemampuan membaca penting sekali dalam proses menulis. Sebaliknya pula dalam kegiatan membaca pemahaman harus menulis catatan-catatan, bagan, rangkuman, dan komentar isi bacaan. Selain itu, untuk menulis kritik terhadap suatu tulisan yang telah dibaca dan untuk menulis laporan mengenai isi bacaan guna berbagi informasi kepada pembaca lain. Jadi, terlihat begitu jelas bahwa erat kaitannya antara aktivitas membaca dan menulis dalm kegiatan berbahasa.

3 komentar: